Tempo Menggelar Pameran Seni Rupa: Kasih, Toleransi untuk Bangsa

Tempo menggelar pameran seni rupa bertajuk “Kasih, Toleransi untuk Bangsa” mulai 1-21 Desember 2021. Pameran ini hasil kerja sama Tempo Media Grup bersama para pegiat seni yang tergabung dalam komunitas Think.

Pameran seni ini merupakan bentuk ekspresi dan narasi tentang kasih, solidaritas, empati kepada sesama tanpa batas dan sekat yang memisahkan dan membedakan kita. Mereka menampilkan karya yang mencerminkan kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

Ketua Yayasan Tempo 21 Juni 1994 yang juga Ketua Pameran Tomi Aryanto mengatakan ada 12 pelukis dan dua perupa tiga dimensi yang unjuk karya dalam pameran ini. Adapun dua kurator pameran adalah Jeffry dan Seno Joko Suyono.

“Mereka menginterpretasikan keresahan terhadap apa yang kita lalui dalam dua tahun ini. Kasih dan toleransi menjadi sesuatu yang sangat penting,” kata Tomy saat pembukaan pameran seni “Kasih, Toleransi untuk Bangsa” pada Rabu malam, 1 Desember 2021. “Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dan tampilkan menjadi bagian dalam kampanye membangun kasih dan toleransi.”

Para pelukis yang memamerkan karyanya adalah Afriani, Akbar Linggaprana, Arie Kadarisman, Bambang Prasadhi, Cryshnanda Dwilaksana, Eny Retno Purwaningtyas, Kana Fuddy Prakosa, Laila Tifah, Seno Watuatos, Vincensius Dwimawan, Warto Sukotjo, dan Yose Sulawu. Sementara dua pematung adalah Bambang Winaryo dan Gorgonius Wisnu W.

Direktur Utama PT Tempo Inti Media, Tbk., Arif Zulkifli mengatakan pameran ini relevan di tengah intoleransi yang belum juga surut. “Sikap mau menang sendiri dan meniadakan keberagaman bertentangan dengan nilai-nilai yang universal, termasuk yang dianut oleh Tempo,” kata Arif.

Pameran ini relevan karena dua hal. Pertama, kita sepakat toleransi harus dijaga. Kedua, seni adalah sebuah alat ekspresi yang paling tulus. “Kami bangga menjadi tempat pelaksanaan pameran ini,” katanya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Tempo adalah monumen seni rupa jurnalistik terbaik di Indonesia. “Kita melakukan pameran seni rupa di gedung milik seni jurnalistik terbaik. Jadi ketemu ini,” ujarnya. “Mari kita nikmati karya seni yang luar biasa ini.”

Masyarakat dapat mengikuti pameran seni dengan datang ke Gedung Tempo di Jalan Pamerah Barat Nomor 8, Jakarta Selatan. Tetap disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan rajin membersihkan tangan.

Tinggalkan Balasan