Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik Bertambah, Lihat Lokasinya

PT Energi Kreasi Bersama (EKB) atau Electrum menggandeng PT Pertamina Patra Niaga membangun stasiun penukaran baterai motor listrik atau Battery Swapping Station (BSS) atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Electrum adalah perusahaan joint venture PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) dan Grup Gojek. Sedangkan Pertamina Patra Niaga merupakan Sub Holding Commercial & Trading dari BUMN PT Pertamina (Persero).

“Saya sangat senang karena semua bergerak cepat. Ini baru langkah awal dari visi kami semua untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Direktur Utama Electrum Pandu Sjahrir dalam keterangan di Jakarta yang dikutip hari ini, Sabtu, 18 Desember 2021.

Dia menerangkan bahwa Electrum bersama Pertamina Patra Niaga bermitra dengan pionir merek motor listrik baterai dari Indonesia, Gesits, dan Gogoro, motor listrik Taiwan.

Menurut Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, pada tahap awal perusahaan akan melakukan pilot komersial BSS atau stasiun penukaran baterai motor listrik di Jakarta, yakni di tujuh lokasi SPBU Green Energy Station (GES).

Dia menuturkan bahwa setidaknya ada 500 sepeda motor listrik baterai Gojek merek Gesits dan Gogoro yang akan menukar baterai di GES. Pada bulan ini, 500 motor listrik Gojek tersebut telah dioperasikan di Jakarta Selatan.

“Pertamina Patra Niaga akan segera launching bisnis Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum di SPBU,” kata Pandu.

Pandu memastikan skala uji coba stasiun penukaran baterai motor listrik akan ditingkatkan untuk melayani hingga 5.000 motor listrik.

Tinggalkan Balasan