Kaleidoskop 2021 November-Desember: GIIAS, IEMS dan IIMS Digelar

Menjelang akhir tahun beberapa pameran nasional mulai sering digelar untuk menghibur para penikmat otomotif. Setidaknya ada tiga pameran otomotif yang masuk dalam kaleidoskop 2021 versi Tempo.

Pameran otomotif tersebut adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Indonesia Electric Motor Show 2021 (IEMS), dan Indonesia Interational Motor Show (IIMS). Ketiga pameran tersebut diselenggarakan pada November 2021.

Berikut redaksi Tempo.co mencoba untuk merangkum sejumlah peristiwa penting selama November-Desember dalam kaleidoskop 2021:

Kaleidoskop 2021 November

1. Pameran GIIAS 2021 Diselenggarakan di Tangerang

Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka pada 11 November 2021. Pameran otomotif tahunan ini dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto di dampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca selengkapnya: Pameran GIIAS 2021 Dibuka Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

2. Sirkuit Mandalika Gelar WorldSBK 2021

Perhelatan World Superbike atau WSBK Mandalika telah digelar pada 19-21 November 2021. Bagi penonton yang ingin menyaksikan balap motor internasional ini, ada sejumlah prosedur yang harus dipenuhi menyangkut protokol kesehatan.

Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB), Kombes Djoni Widodo mengatakan setiap penonton yang datang untuk menonton balap WSBK Mandalika, wajib swab antigen.

Baca selengkapnya: Gelang Khusus Nonton WSBK Mandalika, Wajib Swab dan Siapkan PeduliLindungi

3. Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Diselenggarakan

Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 resmi dibuka hari ini, Rabu, 24 November 2021. Pameran ini diresmikan langsung oleh Kepala Staff Kepresidenan RI Moeldoko.

IEMS 2021 digelar pada 24-26 November 2021 di Kawasan PUSPITEK, Serpong, Tangerang Selatan. Pada pameran tahun ini, IEMS diikuti sekitar 30 peserta yang terdiri dari pabrikan otomotif, perusahaan negara, hingga universitas.

Baca selengkapnya: Moeldoko Buka Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021

4. Pameran Sepeda Motor IIMS Motobike Digelar di Senayan Park

Dyandra Promosindo selaku promotor pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) kembali menggelar IIMS Motobike pada 27-28 November 2021 di Senayan Park, Jakarta. Dalam pameran kali ini, IIMS akan berkolaborasi dengan Indonesia Automodified (IAM) dalam menghadirkan pameran roda dua bertajuk IAM x IIMS Motobike 2021.

Baca selengkapnya: Pameran Sepeda Motor IIMS Motobike Digelar Akhir November di Senayan Park

Kaleidoskop 2021 Desember

1. Kantor Pusat Tesla di California Resmi Dipindahkan ke Texas

Tesla telah mengumumkan bahwa kantor pusat mereka yang awalnya berada di California akan dipindah ke Texas. Hal ini disampaikan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat itu kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS, Rabu, 1 Desember 2021. Kantor pusat baru Tesla ini sekaligus akan menjadi Gigafactory atau pusat perakitan kendaraan Tesla di Texas, Austin.

Baca selengkapnya: Kantor Pusat Tesla di California Resmi Dipindahkan ke Texas

2. Kapolda Metro Jaya Bikin Balap Motor Resmi Pembalap Jalanan

Polda Metro Jaya berencana menggelar balap motor di Jakarta pada Januari 2022. Peserta kompetisi itu adalah pelaku balap liar jalanan yang sering diburu polisi.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo menegaskan bahwa Kepolisian serius akan memfasilitasi pembalap jalanan itu dengan ajang balapan motor resmi.

Baca selengkapnya: Balap Liar Merebak, Kapolda Metro Jaya Bikin Balap Motor Resmi Pembalap Jalanan

3. Kawasaki Ninja ZX-25R Jadi Motor Dinas Satpol PP Yogyakarta

Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta dikabarkan bakal menggunakan motor dinas Kawasaki Ninja ZX-25R. itu terungkap dari unggahan akun Instagram bernama @agoezbandz pada Sabtu, 18 Desember 2021.

Postingan itu memperlihatkan dua motor Kawasaki Ninja ZX-25R yang warnanya disesuaikan dengan identitas Satpol PP, yakni hijau. Hal itu semakin diperkuat dengan penyematan nama Satpol PP DIY di tangki bahan bakar.

Baca selengkapnya: Kawasaki Ninja ZX-25R Jadi Motor Dinas Satpol PP Yogyakarta

4. Formula E Jakarta 2022 Resmi Digelar di Ancol

Kawasan Ancol telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Formula E Jakarta 2022. Itu terjadi setelah Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA) sepakat menunjuk Ancol sebagai sirkuit balap Formula E.

Pemilihan sirkuit ini sendiri ditentukan setelah melewati serangkaian kajian dari FEO dan FIA. Hal itu dibenarkan langsung oleh Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni.

Baca selengkapnya: Formula E Jakarta Resmi Digelar di Ancol, Sirkuitnya Berbentuk Kuda Lumping

Tinggalkan Balasan