Jenis-Jenis Investasi yang Bisa Dicoba

Saat ini jenis-jenis investasi memang sangatlah banyak. Anda di sini dapat memilih jenis investasi sesuai dengan modal dan dana yang Anda miliki. Jenis investasi yang terdapat di Negara Indonesia masing-masing mempunyai risiko dan keunggulan tersendiri, maka dari itu di dalam memilih investasi tersebut penting untuk Anda pahami satu persatu.

Apa Saja Jenis-Jenis Investasi?

 

Tabungan Bank

Salah satu jenis investasi paling mudah yang bisa Anda lakukan dan mulai yaitu menabung di bank. Siapapun Anda bisa melakukan kegiatan investasi tersebut, baik anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Selain di sini mudah untuk dilakukan, menabung juga tidak membutuhkan persyaratan yang terbilang sulit.

Tetapi di samping kemudahan yang diperoleh, melalui jenis investasi ini bunga yang didapatkan dari investasi tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Jika Anda berinvestasi dengan tabungan tersebut, maka Anda tidak akan mempunyai kewajiban untuk menyetorkan dana setiap waktu yang telah ditentukan.

Investasi tersebut biasanya banyak sekali dipakai oleh masyarakat oleh karena prosesnya yang cepat dan mudah. Namun untuk Anda yang menginginkan imbal hasil yang jauh lebih tinggi , maka di sini Anda bisa memilih investasi lain yang mempunyai keuntungan jauh lebih baik.

Deposito

Jika dibandingkan dengan jenis investasi tabungan, maka deposito ini memang memiliki bunga yang jauh lebih tinggi. Untuk melakukan investasi menggunakan deposito tersebut maka Anda harus memiliki dana minimum yang di sini terbilang cukup besar. Besaran nominal umumnya berada di angka 5 juta rupiah.

Sementara untuk prosedur pembukaan deposito tak jauh beda seperti Anda membuka tabungan. Namun perlu untuk diperhatikan, deposito ini mempunyai jangka waktu yang telah ditentukan serta disepakati sejak awal pembukaan. Namun di sini deposito tidak bisa asal melakukan penarikan seperti halnya tabungan.

Saham

Investasi saham memang makin populer, terlebih lagi saham adalah salah satu jenis investasi yang terbilang mudah dan dapat memberikan keuntungan yang tak sedikit. Sebagai seorang investor pemula, di sini Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk bermain saham yang benar-benar aman.

Hal tersebut terlepas dari tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya di masa mendatang. Sekalipun disebut sebagai salah satu investasi yang mudah, namun investasi saham ini juga tinggi akan resiko. Para pemain saham tersebut dapat saja mengalami kerugian atau memperoleh keuntungan bahkan hingga melebihi 20%.

Reksadana

Reksadana merupakan pilihan jenis investasi yang cocok untuk Anda masyarakat umum maupun bisnis. Reksadana merupakan tempat dimana dilakukan penghimpunan uang secara bersama dan kemudian dikelola oleh seorang manajer. Nantinya seluruh keuntungan dari aktivitas tersebut akan dibagi rata pada investor yang bergabung.

Emas

Investasi emas dapat digolongkan sebagai salah satu investasi jangka panjang. Sebagai salah satu logam mulia yang banyak sekali digemari, khususnya oleh kalangan wanita, emas jadi investasi yang cukup menjanjikan mengingat nilai emas selalu naik setiap tahunnya. Emas tergolong investasi yang aman, stabil dan juga tidak berpengaruh terhadap inflasi.

Peer to Peer lending

P2p lending Indonesia merupakan satu instrumen pengembangan dana yang terbilang baru dan masih populer karena memberikan imbal hasil yang sangat besar. Banyak sekali perusahaan yang di sini berbasis finansial teknologi menjalankan model bisnis tersebut.

Besar keuntungan yang didapatkan dari P2P lending bisa mencapai 10,5% tiap tahunnya. Anda bisa memulai kegiatan investasi tersebut hanya dengan uang sebesar Rp 100.000 saja.

Tanah dan Bangunan

Sama seperti emas, investasi tanah dan bangunan juga mempunyai nilai yang cenderung meningkat tiap tahunnya. Jika di sini Anda mencoba investasi di bidang tersebut, maka tentu akan sangat menjanjikan sekali. Hanya saja di sini dana atau modal yang diperlukan di dalam investasi memang tidak sedikit.

Terlebih lagi tanah ataupun bangunan saat ini telah cukup tinggi harganya. Tetapi jika di sini Anda tidak punya dana untuk memiliki investasi tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan KPR untuk memiliki bangunan ataupun rumah.

Obligasi

Adalah surat utang jangka menengah ataupun panjang yang bisa dipindah tangankan. Surat hutang tersebut berisi janji dari pihak penerbit untuk membayar bunga di periode tertentu serta melunasi utang pokok di waktu yang telah ditentukan pada pemegang obligasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan