Diskusi dengan Pasangan Berakhir dengan Pertengkaran, Lakukan 3 Hal Ini

Pernah mencoba mendiskusikan masalah pekerjaan, pribadi atau keuangan dengan pasangan Anda? Namun diskusi Anda justru berakhir dengan tidak menyenangkan.

Seringkali Anda berdua mengakhiri diskusi dengan pertengkaran dan justru tidak pernah bisa membuat keputusan bersama. Namun jangan khawatir, ini hal yang umum. Bukannya hubungan Anda buruk atau Anda berdua tidak dibuat untuk satu sama lain. Itu hanya cerminan dari perbedaan pendapat.

Berikut adalah beberapa hal yang akan membantu menyelesaikan masalah, seperti dilansir dari laman Pinkvilla.

1. Dengarkan

Sebagian besar pertengkaran terjadi karena salah satu pasangan, atau bahkan keduanya, tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan pasangannya. Meskipun tidak apa-apa untuk menganggap diri Anda sebagai perfeksionis dan ahli dalam menangani situasi, penting juga untuk mendengarkan saran atau pendapat pasangan Anda. Ini akan membantu Anda mengambil keputusan yang lebih baik dan bersama dan akan menghilangkan pertengkaran.

Jadi, bahkan jika Anda tidak setuju dengan proses berpikir pasangan Anda, tetaplah tenang, jelaskan padanya di mana kesalahannya dan apa yang menurut Anda akan menjadi pilihan yang lebih baik. Libatkan mereka dan mintalah saran. Bersikaplah cukup sopan untuk mengatakan, ‘Itu ide yang bagus, tetapi apakah Anda pikir kita bisa melakukannya dengan cara ini?

2. Jangan menyela ketika yang lain sedang berbicara

Sebagian besar dari kita memiliki kebiasaan buruk kehilangan kesabaran dan menyela orang saat mereka berbicara karena kita pikir mereka tidak memiliki sesuatu yang hebat untuk dibagikan. Namun, terlalu dini untuk membuat penilaian. Sebab itu, bersabarlah untuk membiarkan pasangan melengkapi dan kemudian memberikan pendapat atau saran Anda. Jadilah orang yang lebih besar dalam hal berkompromi. Jangan biarkan ego Anda merusak proses pengambilan keputusan Anda.

3. Jangan pernah menggali kenangan lama

Sebagian besar dari kita membawa kenangan lama ke dalam percakapan saat ini. Dengan cara ini tidak ada kesempatan untuk diskusi yang sehat. Lupakan apa yang terjadi di masa lalu. Fokus pada skenario baru dan coba ambil keputusan bersama. Jangan memaksakan diri untuk menjadi yang benar. Berikan ruang kepada orang lain, hargai upaya mereka dan hargai kata-kata mereka. Tidak ada yang ingin membuat keputusan yang buruk secara sadar.

Jadilah cukup bijaksana untuk memaafkan dan tidak mengulangi hal-hal lama yang sama. Di sinilah kedewasaan Anda beraksi. Dan ketika Anda cukup dewasa untuk fokus pada masa kini dan masa depan, ini mungkin membuat orang lain menyadari kesalahan mereka sendiri. Terakhir, jangan pernah memainkan permainan menyalahkan, setidaknya, tidak di tengah-tengah diskusi karena itu bisa membuat pasangan Anda frustrasi dan dia mungkin akhirnya membuat keputusan tentang sesuatu yang sebenarnya tidak mereka inginkan.

Jadi, pastikan Anda tenang dan sadar saat mengambil keputusan dan menjaga lingkungan yang positif bagi Anda dan pasangan untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah.

Tinggalkan Balasan