5 Tanda Ban Mobil Rusak, dari Tampilan Luar hingga Getaran di Jalan Raya

Ban mobil memiliki peran sangat penting dalam keselamatan di jalanan.

Menjadi satu-satunya bagian mobil yang menyentuh tanah, ban mobil menjadi faktor terpenting dalam penanganan, pengereman, hingga keselamatan di jalan raya secara keseluruhan.

Berbagai tanda pada ban mobil dapat digunakan untuk mengetahui kondisi. Berikut kondisi ban mobil yang perlu perhatian dari berbagai sumber hari ini, Jumat, 26 November 2021:

1. Kondisi ban mobilMelihat kondisi ban mobil itu sederhana, seperti terdapat retak atau luka di dinding samping dapat menjadi tanda mengenai kondisi ban yang tidak layak.

2. Keausan tapak yang tidak rataKeausan ini dapat disebabkan oleh ban mobil yang rusak, inflasi yang tidak tepat, roda yang tidak sejajar, atau masalah dengan bagian suspensi.

3. Benjolan atau lecetKondisi ban yang mengalami benjolan atau tonjolan di dinding samping ban mobil dapat menjadikan petunjuk terutama dalam menandakan titik lemah. Kondisi ini berpotensial untuk rusak dan dapat menyebabkan kegagalan ban.

4. Getaran yang berlebihanGetaran yang terjadi terutama pada jalanan yang halus dapat menandakan roda yang tidak sejajar, tidak seimbang ataupun bengkok. Hal ini juga bisa menandakan bahwa terdapat kerusakan ban mobil dalam atau masalah suspensi.

5. Ban mobil berdecitBan mobil yang mengeluarkan jenis suara yang aneh bisa saja memberikan informasi bahwa ban berada di kondisi yang tidak baik.

Tinggalkan Balasan