5 Macam Jeruk yang Populer di Indonesia, Apa Saja Selain Jeruk Bali?

Di Indonesia beberapa jeruk cukup populer keberadaannya, sebab kandungan manfaatnya. Kira-kira apa saja?

1. Jeruk Purut Buah Jeruk Purut umumnya tidak untuk dimakan, namun dijadikan pelengkap masakan. Biasanya, jeruk purut digunakan untuk mengurangi aroma amis ikan, dan daging.

Sementara daunnya digunakan untuk pelengkap masakan, seperti penambah aroma, dan dicampur dalam bumbu gado-gado dan peyek. Di Aceh dan Thailand jeruk purut cukup populer sebagai salah satu bahan pelengkap masakan.

2. Jeruk MandarinMengutip Healthline pada situs healthline.com, jeruk mandarin kaya akan senyawa tanaman yang mampu meningkatkan kesehatan, seperti flavonoid.

Flavonoid merupakan makanan jenis antioksidan yang membantu mempertahankan tubuh dari ketidakseimbangan radikal bebas, yang dapat menyebabkan oksidasi. Oksidasi dapat meningkatkan penuaan dan timbulnya penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Flavonoid juga membantu melindungi dari risiko kanker, ia bekerja dengan menekan gen yang mendukung pertumbuhan kanker dan menonaktifkan senyawa pemicu kanker.

3. Jeruk BaliJeruk bali mengandung berbagai vitamin dan mineral dan merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kembali melansir Healthline, satu buah jeruk bali mengandung sekitar 21 ons atau 610 gram mengandung 231 kalori, 5 gram protein, 0 gram lemak, 59 karbohidrat, 6 gram serat, dan beberapa vitamin lain.

Satu buah jeruk bali mengandung vitamin C dan antioksidan penambah kekebalan tubuh yang membantu mencegah kerusakan sel dari bahaya radikal bebas. Jeruk bali turut mengandung potasium yang mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah.

4. Jeruk SunkistBerdasar Web MD pada alamat webmd.com, jeruk sunkist mengandung potasium yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan stroke. Ia juga mengandung sejumlah besar bahan kimia yang disebut sitrat, yang dapat membantu mencegah batu ginjal.

Jeruk sunkist juga umum digunakan untuk penyakit asma, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, pilek, dan banyak kondisi lainnya, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung penggunaan ini.

5. Jeruk NipisJeruk nipis dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam.

Air buah jeruk nipis dapat digunakan sebagai penyedap masakan, minuman, penyegar, bahan pembuat asam sitrat, serta membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor. Bisa juga sebagai campuran jamu.

DELFI ANA HARAHAP

Tinggalkan Balasan